Mekanisme Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)

Penyusunan APBN bertujuan untuk menciptakan dan meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat secara keseluruhan. Dan penyusunannya didasarkan atas asas berimbang dan dinamis, artinya sektor penerimaan diusahakan selalu meningkat dan sektor pengeluaran diusahakan untuk diadakan penghematan, dan lebih diarahkan pada dana pembangunan untuk kegiatan yang menunjang peningkatan produksi nasional, sehingga besarnya pengeluaran (belanja) seimbang dengan penerimaannya.
Ada 5 tahapan pokok dalam satu siklus APBN di Indonesia. Dari kelima tahapan itu, tahapan ke-2 (kedua) dan ke-5 (kelima) dilaksanakan bukan oleh pemerintah, yaitu masing-masing tahap kedua penetapan/persetujuan APBN dilaksanakan oleh DPR (lembaga legislatif), dan tahap kelima pemeriksaan dan pertanggungjawaban dilaksanakan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Sedangkan tahapan lainnya dilaksanakan oleh pemerintah.
Untuk lebih jelasnya anda dapat membaca filenya sebagai berikut :

Apabila anda ingin download file di atas melalui Slideshare, maka anda dapat terlebih dahulu mengetahui cara download file pada Slideshare
Anda juga dapat mendownload filenya disini

Daftar Pustaka

  • Chumidatus Sadyah. BSE Ekonomi Kelas XI
  • Dasar-dasar Praktek Penyusunan APBN di Indonesia Kementrian Keuangan Republik Indonesia, Direktorat Jendral Anggaran, Direktorat Penyusunan APBN(http://www.anggaran.depkeu.go.id/dja/acontent/buku%20dasar%20penyusunan%20APBN.pdf)

Comments