Kisah Guru SM-3T Undana 2012 Untuk Negeri di Batas Negara

Program SM-3T sebagai salah satu Program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia ditujukan kepada para Sarjana Pendidikan yang belum bertugas sebagai guru, untuk ditugaskan selama satu tahun pada daerah 3T. Program SM-3T dimaksudkan untuk membantu mengatasi kekurangan guru, sekaligus mempersiapkan calon guru profesional yang tangguh, mandiri, dan memiliki sikap peduli terhadap sesama, serta memiliki jiwa untuk mencerdaskan anak bangsa, agar dapat maju bersama mencapai cita-cita luhur seperti yang diamanahkan oleh para founding fathers.

Pada tahun 2012 Universitas Nusa Cendana dipercayakan merupakan salah satu Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) penyelenggara program SM-3T Angkatan II. Angkatan II Program SM-3T oleh LPTK Undana berjumlah 161 orang yang ditempat di Provinsi Kalimantan Timur. Guru SM-3T Undana tahun 2012 terdistibusi pada tiga kabupaten yaitu Kab. Kutai Barat, Kab. Malinau dan Kab. Nunukan. Setiap peserta kemudian disebarkan ke berbagai kecamatan. Pembagian tugas untuk setiap kecamatan ini diatur oleh Dinas Pendidikan di daerah setempat.

Salah satu wilayah yang menjadi tempat tugas Guru SM-3T Undana adalah Kec. Krayan. Di wilayah ini terdapat 29 orang Guru SM-3T Undana yang ditugaskan mulai dari SD, SMP dan SMA/SMK.

Penulis sendiri bersama 12 orang teman mendapat tugas mengajar di SMA Negeri 1 Krayan. Secara keseluruhan jumlah guru SM-3T Undana yang bertugas di SMA Negeri 1 Krayan berjumlah 13 orang. Selama melaksanakan tugas di Kec. Krayan, ada beberapa kegiatan yang telah kami laksanakan baik itu di bidang kependidikan maupun di bidang kemasyarakatan. Berikut ini kegiatan-kegiatan yang sempat kami laksanakan yaitu :
1. Pelaksanaan Tugas Mengajar
Program SM-3T sebagai salah satu Program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia

 2. Bimbingan Belajar Bagi Siswa Kelas XII 
Pelaksanaan pendampingan belajar siswa di luar jam pelajaran lebih difokuskan kepada siswa Kelas XII sebagai pemantapan persiapan menghadapi Ujian Nasional 2013. Kegiatan bimbingan belajar ini dilaksanakan setiap hari (Senin s/d Sabtu) untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional dengan metode dua mata pelajaran di sore hari yang dimulai dari pukul 15.00 s.d 17.30. Program ini dilaksanakan dengan menggunakan gedung sekolah dan berjalan dengan sangat baik sejak minggu pertama bulan 21 Januari 2013 hingga Akhir 6 April 2013.
Program SM-3T sebagai salah satu Program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia
 
3. Bimbingan Belajar Sore Hari bagi siswa Kelas X dan Kelas XI diluar jam pelajaran
4. Kerja Bakti Membersihkan Lingkungan Sekolah dan memperbaiki papan/pintu sekolah yang rusak
Program SM-3T sebagai salah satu Program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia

 5. Class Meeting
Pertandingan Bola Volli dan Futsal serta lomba paduan suara dan pidato Bahasa Inggris antar kelas. Dilaksanakan setiap kali Ujian Semester berakhir
Program SM-3T sebagai salah satu Program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia
6. Majalah Dinding (Memodifikasi papan mading dan memperbanyak publikasi karya siswa)
7.  English Day (dilaksanakan setiap hari Jumad)
8. Pelatihan upacara Bendera bagi kelas yang bertugas.
9. Perayaan Hari Kasih Sayang Bersama Keluarga Besar SMA Negeri 1 Krayan. Kegiatannya yakni pengalungan pita dari siswa kepada guru serta lomba puisi dan pidato antar kelas.

10. Perlombaan Pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional (2 Mei 2013)
Perlombaannya yakni Spelling Be dan Story Telling, pertandingan Bola Volli dan atletik antar kelas. Selain itu juga dilaksanakan latihan bagi anggota paduan suara untuk menyanyikan lagu wajib nasional dan lagu daerah.



11. Pengembangan minat dan bakat melalui Seni Budaya (Latihan Tarian)






























Comments