Konsumi, Tabungan dan Investasi

Setiap manusia selama hidupnya akan selalu/tetap melakukan kegiatan konsumsi. Kegiatan konsumsi yang dilakukan oleh manusia sehari-hari tanpa disadari membentuk pola tertentu yang dalam matematika Ekonomi hal tersebut dapat dihitung dengan menggunakan fungsi konsumsi. Melalui fungsi konsumsi kita dapat mengetahui seberapa besar pendapatan seseorang digunakan untuk kegiatan konsumsi. Apakah digunakan seluruhnya untuk konsumsi atau disisihkan sebagian untuk disimpan sebagai tabungan.
Ada juga sebagian orang yang menyisihkan sebagian pendapatannya untuk melakukan kegiatan investasi baik itu Investasi Finansial maupun investasi riil.
Fungsi konsumsi, fungsi tabungan, jenis-jenis investasi, hubungan konsumsi, investasi dan tabungan, fungsi investasiInvestasi finansial yaitu Penanaman modal yang ditempatkan pada pembelian surat berharga misalnya pembelian saham, obligasi, atau SBI perlu diingat bahwa kegiatan membeli saham belum digolongkan sebagai investasi. Akantetapi, bila perusahaan yang memperoleh uang dari penjualan saham menggunakan uang tersebut untuk membeli barang-barang modal dan perlengkapan produksi barulah kegiatan pembelian tersebut digolongkan sebagai investasi. Sedangkan Investasi Riil merupakan penanaman modal dalam bentuk pembelian aset produktif, misalnya pembelian peralatan atau mesin-mesin perusahaan untuk pembelian bahan baku untuk kegiatan produksi maupun pembelian bahan baku.

Untuk lebih memahami tentang Konsumsi, Tabungan dan Investasi anda dapat mengikuti pembahasan lengkapnya berikut ini :



Setelah anda membaca uraian materi di atas dan sesuai dengan kebutuhan anda, anda dapat mengunduhnya secara gratis. Agar lebih mudah, sebaiknya anda terlebih dahulu mengetahui cara mudah download file pada Slideshare
Semoga bermanfaat....

Silakan dishare kepada mereka yang membutuhkan...

Comments