Soal Latihan Ujian Nasional Ekonomi (Persiapan UN SMA IPS)


Bagaimana persiapan anda saat ini dalam menghadapi Ujian Nasional yang sedianya akan digelar pada  13-15 April 2015, dan untuk jenjang SMP akan dilaksanakan pada 4-6 Mei 2015?
Yang pastinya berbagai strategi belajar mulai diterapkan, mulai dari penjadwalan waktu belajar, diskusi kelompok, pembahasan soal sampai pada latihan soal-soal Ujian Nasional pada tahun-tahun sebelumnya.
Saya yakin bahwa sebagian besar siswa sudah membaca informasi dari berbagai sumber yang menyatakan bahwa untuk penentuan kelulusan siswa pada tahun 2015, nilai Ujian Nasional bukanlah merupakan patokan utama dalam penentuan kelulusan siswa tetapi juga nilai yang diperoleh selama di sekolah (Sumber : Antaranews, UN Bukan Syarat Utama Penentu Kelulusan).
Namun perlu anda (pelajar tingkat pendidikan dasar dan menengah) sadari bahwa sekalipun penentuan kelulusan tidak hanya berpatok pada nilai Ujian Nasional bukan berarti anda mengurangi keseriusan anda dalam belajar, karena apa yang anda pelajari saat ini akan berguna kelak untuk kehidupan anda. Selain itu juga menurut Ainun Naim, Dirjen Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti, mewakili Menristek Mohammad Nasir, di Gedung A Kemendikbud (25/2/2015) (Wartakota Tribunews : Hasil UN Jadi Penentu Kelulusan Masuk Perguruan Tinggi Negeri), menyatakan bahwa hasil Ujian Nasional nanti akan menjadi salah satu faktor menentukan calon mahasiswa yang mendaftar SNMPTN diterima atau tidak.
oal Latihan Ujian Nasional Ekonomi (Persiapan UN SMA IPS)Menghadapi kondisi seperti ini, tentunya anda harus tetap mempersiapkan diri secara matang dalam menghadapi Ujian Nasional nantinya. Salah satu cara yang menurut saya cukup efektif dalam mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional adalah anda mengerjakan soal-soal Ujian Nasional tahun sebelumnya dengan berpatokan pada Standar Kompetensi Lulusan yang ditetapkan oleh Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP).
Mengapa kita harus belajar berdasarkan indikator soal yang terdapat dalam Standar Kompetensi Lulusan melalui soal-soal Ujian Nasional tahun sebelumnya?
1.     Karena dengan mempelajari soal berdasarkan indikator soal yang terdapat dalam          SKL melalui soal-soal Ujian Nasional tahun sebelumnya, kita dapat mengetahui bentuk-      bentuk soal yang akan ditanyakan untuk setiap indikator
2.    Karena dengan mempelajari soal berdasarkan indikator, materi pembelajaran kita akan semakin sedikit dan tepat sasaran.
Pada kesempatan ini, khusus untuk siswa SMA Kelas XII Jurusan IPS saya mencoba membagikan soal-soal Ujian Nasional tahun sebelumnya yang telah disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan Ujian Nasional Tahun 2015 yang ditetapkan oleh Badan Nasional Standar Pendidikan untuk mata pelajaran Ekonomi. Pada SKL UN 2015, terdapat 27 indikator, artinya dari 27 indikator inilah yang akan dikembangkan menjadi 40 nomor soal. Asumsinya ada kemungkinan satu indikator memiliki dua soal. Berikut ini filenya, semoga bermanfaat….

Maaf, soal-soal ini tidak disertai dengan kunci jawaban, karena tujuannya memotivasi anda menemukan sendiri jawabannya. Bukankah akan lebih membekas dan bermakna ketika segala sesuatu diperoleh dengan jerih payah sendiri.
Selamat berjuang
Sukses Ujian 2015
Tuhan Memberkati
Sumber :
  • Antaranews : UN Bukan Syarat Utama Penentu Kelulusan (http://www.antaranews.com/berita/483584/un-bukan-syarat-utama-penentu-kelulusan)
  • Wartakota Tribunews : Hasil UN Jadi Penentu Kelulusan Masuk PTN (http://wartakota.tribunnews.com/2015/02/25/hasil-un-jadi-penentu-kelulusan-masuk-ptn)
  • SKL Ujian Nasional 2015 (klik untuk mendownload)