Indeks Harga Konsumen (IHK)

Mengapa Indeks Harga Konsumen menjadi penting untuk dipelajari?
Indeks Harga Konsumen merupakan angka yang dijadikan acuan untuk mengukur persentase perubahan harga yang selanjutnya dijadikan sebagai tolak ukur untuk mengukur besarnya laju inflasi yang dialami oleh sebuah negara. Kita ketahui bersama bahwa situasi perekonomian yang terkadang tidak stabil entah karena pengaruh domestik maupun luar negeri juga dapat mempengaruhi perubahan harga barang. Peningkatan harga barang tentunya akan menyebakan semakin rendahnya daya beli masyarakat. Daya beli masyarakat yang rendah tentunya akan mengakibatkan produsen mengurangi jumlah produksinya, nah ketika produsen mengurangi jumlah produksi tentunya ia hanya membutuhkan sedikit tenaga kerja, yang selanjutnya terjadi adalah pemutusan hubungan kerja dan timbullah masalah baru yakni PENGANGGURAN.

Sejauh mana Indeks Harga Konsumen penting untuk dipelajari.
Pengertian Indeks Harga Konsumen, Jenis-jenis Indeks Harga, Indeks Harga Perdagangan Besar, Indeks Harga Yang Dibayar Petani, Menghitung Indeks harga dengan metode laspeyers, menghitung Indeks harga dengan metode PaascheIndeks Harga Konsumen sebagai dasar dalam membuat kebijakan ekonomi seperti kebijakan fiskal dan moneter. Contohnya, dengan melihat perkembangan Indeks Harga Konsumen, pemerintah bisa menghitung laju inflasi. Dengan mengetahui laju inflasi pemerintah bisa menentukan berbagai kebijakan moneter, seperti menambah atau mengurangi jumlah uang yang beredar. Dengan mengetahui laju inflasi pemerintah juga bisa menentukan kebijakan fiskal, seperti berapa % kenaikan gaji pegawai negeri sipil yang tepat. Selain itu juga Indeks harga dapat dipakai para pedagang dalam menentukan harga jual produk. Apabila tidak ingin rugi, besarnya harga jual produk harus selalu mengikuti perkembangan indeks harga. Jika indeks harga meningkat, harga jual produk juga harus meningkat.

Perhitungan Indeks Harga Konsumen dilakukan dengan melihat perubahan konsumsi barang dan/atau jasa untuk suatu komoditas dalam rentang waktu tertentu. Melalui perhitungan Indeks harga konsumen, kita dapat meihat besarnya persentase kenaikan atau penurunan konoditas (barang dan/atau jasa). Selain itu juga perhitungan indeks harga ini juga kita dapat mengetahui tingkat inflasi yang berlaku di sebuah daerah atau Negara.
  
Untuk pemahaman mendalam tentang materi Indeks Harga Konsumen dapat anda baca pada pembahasan berikut ini :





Setelah anda membaca uraian materi di atas dan sesuai dengan kebutuhan anda, anda dapat mengunduhnya secara gratis. Agar lebih mudah, sebaiknya anda terlebih dahulu mengetahui cara mudah download file pada Slideshare.
Semoga bermanfaat...
Silakan dishare kepada mereka yang membutuhkan...

Comments