Konsep Dasar Ilmu Ekonomi


Berbicara tentang ilmu ekonomi sepertinya bukanlah hal yang luar biasa bagi sebagian besar orang. Berbeda dengan ilmu eksakata lainnya, seperti Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan cabang-cabang ilmu lain ekasapta, orang bahkan menggeleng-gelengkan kepala apabila mendengar, melihat atau membaca tentang berbagai penemuan di bidnag eksapta. Berbeda dengan ilmu ekonomi, sepertinya kurang menarik untuk dipelajari. Selain itu tidak adanya kepastian empiris yang dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Sadarkah anda, bahwa berbicara tentang kemakmuran sebenarnya kita berbicara tentang bagaimana ilmu ekonomi diterapkan untuk mencapai hal tersebut. Ahli Ekonomi terkenal Amerika P. A Samuelson pernah menyatakan pendapatnya seperti ini “akan kuberitahu kalian suatu rahasia. ahli ekonomi sering dipandang orang yang berpikiran segersang debu dan menjemukan, anggapan itu keliru sebab yang benar adalah sebaliknya”
Konsep Dasar Ilmu EkonomiSecara tidak formal, ilmu ekonomi muncul seiring dengan diturunkannya manusia di Bumi seiring dengan adanya kebutuhan-kebutuhan manusia (kebutuhan akan makanan, pakaian, tempat tinggal, dsb.) (Sumber : Parkin, Miller, Quijano,  Mankiw, Suherman Rosyidi & Karl Case, Ray Fair)
Tanpa disadari sebenarnya ilmu ekonomi adalah ilmu kehidupan. Ilmu ekonomi melingkupi seluruh dimensi kehidupan manusia, mulai dari aktivitasnya sejak bangun pagi, mulai bekerja hingga kembali istirahat di malam hari. Mengapa demikian? Karena setiap kegiatan manusia dalam menjalani kesehariannya didasarkan pada KEBUTUHAN. Entah itu kebutuhan primer (sandang, pangan dan papan) yang harus dipenuhi oleh setiap manusia maupun kebutuhan lainnya yang khas yang berbeda antara setiap orang.
Kesimpulannya bahwa setiap orang perlu mempelajari ilmu ekonomi, berikut ini adalah file yang membahas ilmu ekonomi, check it out !!!!!



Setelah anda membaca uraian materi di atas dan sesuai dengan kebutuhan anda, anda dapat mengunduhnya secara gratis. Agar lebih mudah, sebaiknya anda terlebih dahulu mengetahui cara mudah download file pada Slideshare
Semoga bermanfaat....

Silakan dishare kepada mereka yang membutuhkan...

Comments