Manusia dan Kebutuhan


Setiap manusia yang ada didunia ini tidak bisa melepaskan diri dari yang namanya kebutuhan. Bahkan dapat dikatakan sejak dari rahim ibu sampai dengan rahim bumi manusia membutuhkan segala sesuatu untuk keberlangsungan hidupnya. Bayi saja sejak masih dalam rahim ibunya membutuhkan asupan gizi dalam perkembangannya sebagai janin.
Dalam hal keberlangsungan hidup manusia baik secara fisik maupun rohani, kita masih saja sulit untuk membedakan antara kebutuhan (needs) dan keinginan (wants). Ada orang yang menjadikan keinginan sebagai kebutuhan, dan tidak sedikit juga yang menjadikan kebutuhan sebagai keinginan.
Dalam konsep ilmu Ekonomi kebutuhan (needs) dan keinginan (wants) dibedakan dengan cermat. Menurut ilmu Ekonomi kebutuhan (needs) adalah segala sesuatu yang harus dipenuhi oleh manusia demi keberlangsungan hidupnya.
Dapat dijelaskan secara sederhana bahwa kebutuhan adalah segala sesuatu yang sifatnya memaksa dan tidak dapat ditunda. Penundaan terhadap pemenuhan kebutuhan tentunya akan berdampak negative terhadap keberlangsungan hidup seseorang. Sebaliknya keinginan sifatnya tidak memaksa dan dapat ditunda. Penundaan terhadap keinginan tidak memiliki dampak yang negatif terhadap kehidupan seseorang.
Manusia dan KebutuhanPahami contoh berikut ini :
1.     Saat ini Andika sedang lapar, dia akhirnya pergi ke warung untuk makan.
2.     Ketika sedang berbelanja kebutuhan pokok di pasar, Ramsey tiba-tiba tertarik untuk membeli baju kaos yang dipajang disalah satu toko. Ramsey akhirnya membeli baju kaos tersebut.
Tindakan Andika (No.1) merupakan kebutuhan, karena apabila Andika menunda (tidak makan di warung) tentunya akan berdampak negatif terhadap keberlangsungan hidupnya.
Sebaliknya Tindakan Ramsey (No.2) merupakan keinginan, karena kaos baju yang dibeli Ramsey sifatnya tidak mendesak. Ia masih bisa menunda keinginannya untuk membeli baju tersebut. Tidak ada efek negatif yang timbul ketika dia tidak membeli baju tersebut.
Situasi yang terjadi pada Andika dan Ramsey sering terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari, terkadang karena persoalan mode, kita menepikan pemahaman tentang mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang merupakan keinginan.
Semoga melalui uraian materi berikut ini, anda dapat memahaminya dengan seksama ….



Setelah anda membaca uraian materi di atas dan sesuai dengan kebutuhan anda, anda dapat mengunduhnya secara gratis. Agar lebih mudah, sebaiknya anda terlebih dahulu mengetahui cara mudah download file pada Slideshare
Anda juga dapat mengunduhnya disini 
Silakan dishare kepada mereka yang membutuhkan..
Semoga bermanfaat......




Comments